Selasa, 01 November 2016

Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda


Sebagian besar kalangan muda yang rentan usianya memasuki umur 20an tidak dapat mengontrol keuangannya dengan baik. Hal ini akan mengakibatkan kondisi keuangan menjadi tidak baik jika terus-terusan menghabiskan uang untuk hal yang tidak diperlukan.

Apa saja sekiranya tindakan yang dapat anda hindari agar tidak terjebak dengan kebiasaan buruk mengelola keuangan? Berikut ulasannya :

1. Terlalu bergantung pada orang tua

Hilangkan kebiasaan bergantung pada orang tua secara terus menerus. Anda harus mulai memikirkan kebutuhan finansial jangka panjang. Ketika sudah mampu menyokong kebutuhan finansial anda sendiri, anda akan bisa lebih menghargai arti uang.

2. Mengeluarkan uang untuk keperluan jangka pendek

Sebagian besar anak muda hanya mempunyai tujuan keuangan jangka pendek. Namun, jika anda mampu untuk menetapkan tujuan keuangan jangka pendek, seharusnya anda pun mampu membuat perencanaan jangka panjang. Tentukan berapa banyak anda ingin menyimpan uang anda dalam setahun, dan mulailah mengatur strategi agar mampu mewujudkan hal tersebut.

3. Tidak catat pengeluaran

Mencatat adalah hal yang mudah dan sederhana namun tidak semua orang mau melakukannya. Jadi, jika anda ingin benar-benar merencanakan keuangan dengan tepat, maka biasakan mencatat setiap adanya pengeluaran.
Bukan hanya dapat lebih mudah mengetahui kemana pengeluaran, mencatat pengeluaran pun dapat melatih kesadaran anda untuk bertanggung jawab atas setiap pengeluaran yang dilakukan.

4. Ketergantungan kartu kredit

Ketergantungan memakai kartu kredit dalam bertransaksi merupakan masalah besar yang perlu diperhatikan bagi kaum muda. Jika anda memilih untuk membuat pembayaran bulanan minimum, utang kredit anda baru akan lunas saat anda berusia 30-an. Cobalah fokus untuk melunasi utang kartu kredit sesegera mungkin.

5. Menunggu banyak uang sebelum mulai investasi

Mungkin bagi yang berusia muda menganggap investasi hal yang membingungkan, namun hal ini ternyata benar-benar bisa menguntungkan keuangan anda. Jika anda memutuskan untuk berinvestasi, mintalah saran dan informasi dari yang lebih berpengalaman. Karena sebuah investasi yang salah pun hanya akan merugikan. Namun jika anda telah memiliki pengetahuan yang baik untuk berinvestasi, maka itu akan mengubah kondisi finansial menjadi lebih baik.

6. Tidak menabung

Kalangan muda yang berusia 20an cenderung sudah merasa cukup apabila sudah mempunyai uang untuk membayar sewa kosan dan membeli makanan dan minuman sehari-hari. Padahal, memiliki perencanaan keuangan sedini mungkin diperlukan untuk menghadapi keadaan darurat di kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar