Kamis, 10 November 2016

5 Cara Efektif Agar Nyaman dan Betah di Rumah


Suasana rumah yang nyaman ternyata belum tentu bisa membuat Anda merasa betah di dalamnya.

Apalagi jika Anda adalah tipe orang yang tidak bisa berdiam diri tanpa melakukan kegiatan apa-apa. Tentunya suasana rumah haruslah mendukung cara efektif agar nyaman dan betah di rumah.

Mulai dari kebersihan lantai, jendela hingga seluruh ruangan di dalam rumah pun harus sangat diperhatikan.

Selain itu, pemilihan perabot rumah tangga serta warna cat dinding yang sesuai dengan kepribadian Anda pun dipercaya bisa membuat Anda betah berlama-lama di dalam rumah. Berikut ini adalah cara efektif agar nyaman dan betah di rumah.

Pastikan Sirkulasi Udara Berjalan Lancar Melalui Jendela Rumah Anda

Udara bersih dan segar bisa membuat Anda nyaman dan betah di dalam rumah. Selain bisa membuat Anda rileks, udara bersih dan segar yang berasal dari jendela rumah Anda pun bisa menghindarkan Anda dari beragam penyakit gangguan pernafasan. Biasakan untuk membuka seluruh jendela di rumah Anda saat pagi hari.

Dipercaya udara pagi masih bebas polusi dan bisa membangkitkan semangat untuk menjalani rutinitas sehari-hari. Jika rumah Anda memiliki udara segar, maka tidak ada lagi alasan untuk pergi keluar sekedar mencari udara segar.

Perhatikan Suhu Dan Kelembaban Di Dalam Ruangan

Cara efektif agar nyaman dan betah di rumah selanjutnya tidak hanya sirkulasi udara yang harus diperhatikan, sebab suhu dan kelembaban di dalam ruangan pun memiliki andil yang cukup besar dalam membuat Anda betah di rumah.

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan pendingin ruangan, mungkin menganggap bahwa udara dingin lebih baik bagi tubuh Anda.

Faktanya, justru ruangan yang memiliki suhu rendah (dingin) juga memiliki tingkat kelembapan yang rendah sehingga bisa membuat kulit Anda menjadi kering ketika berada di dalam ruangan tersebut terlalu lama. Hal ini juga bisa memicu tumbuhnya kuman dan bakteri di dalam rumah Anda.

Sebaiknya gunakan pendingin ruangan yang memiliki alat untuk mengatur kelembaban udara, sehingga Anda pun bisa mengatur tingkat kelembaban antara 40 dan 50 persen agar Anda bisa nyaman dan betah di rumah.

Tambahkan Pantry Sebagai Pelengkap Ruangan Anda

Salah satu cara yang juga bisa membuat Anda nyaman dan betah di rumah adalah dengan menyediakan pantry sebagai pelengkap ruangan Anda. Jika sewaktu-waktu Anda merasa lapar atau sekedar ingin minum kopi, maka Anda tidak perlu keluar rumah untuk menikmati secangkir kopi.

Hal ini berlaku utamanya bagi Anda yang terbiasa beraktifitas sambil ditemani secangkir kopi dan sepiring biskuit atau kue kering lainnya.

Selain kopi dan teh juga camilan pelengkapnya, Anda pun bisa meletakkan lemari pendingin untuk menyimpan minuman kaleng serta buah-buahan kesukaan Anda. Sebaiknya mengecek persediaan makanan di pantry secara rutin agar tidak sampai kehabisan.

Sediakan Keran Air Panas Dalam Kamar Mandi Anda

Anda bisa menyediakan keran air panas di dalam kamar mandi agar semakin nyaman dan betah di rumah. Hal ini diyakini bisa menghilangkan rasa penat yang menyelimuti pikiran Anda setelah sehari penuh beraktifitas di luar rumah.

Mandi dengan menggunakan air panas bisa membuat Anda merasa tenang dan tentunya kembali segar. Agar tidak merusak kelembaban kulit Anda, biasakan untuk tidak menggosok-gosokan handuk pada kulit Anda hingga kering sempurna. Cukup tepuk-tepukkan handuk bersih dan berbahan lembut pada kulit Anda usai mandi.

Rapikan Seluruh Perabot Dalam Rumah

Merapikan seluruh perabot dalam rumah adalah cara agar Anda nyaman dan betah di rumah. Sebuah riset yang dilakukan oleh Psychology Today menyatakan bahwa perabotan yang berantakan dalam rumah juga bisa memicu stres sehingga Anda tidak nyaman berada di rumah.

Mulai sekarang cobalah untuk memisahkan barang-barang yang masih dipakai dan yang sudah tidak terpakai.

Simpan perabotan Anda dengan rapi dan donasikan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai seperti, pakaian, baju, maupun peralatan rumah tangga lainnya. Jika kondisi di dalam rumah Anda rapi, maka setiap kali Anda membuka pintu bisa dipastikan tidak ingin lagi keluar dari rumah.

Rumah adalah istana bagi semua orang di seluruh dunia, termasuk Anda. Sebisa mungkin buat diri Anda nyaman dan betah di rumah agar mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar