Selasa, 25 Oktober 2016

Beda Negara Beda Gaya, Ini Ciri Khas Nonton Konser di Indonesia, Korea, dan Barat!

Apakah kalian pernah nonton konser artis? Atau paling nggak datang ke acara yang nonton artis lagi nyanyi? Biasanya kalau nonton konser atau acara nyanyi-nyanyi gitu, nggak lengkap kalau nggak ada penontonnya ya?

Biasanya keberadaan penonton dalam sebuah acara itu penting banget. Kalau penontonnya diam aja, apa jadinya sebuah acara?

Jadi nggak heran tuh kalau acara musik Indonesia jaman sekarang ada yang namanya penonton "bayaran". Tugasnya adalah untuk teriak-teriak biar acaranya ramai dan jadi seru. Tapi kalau acaranya semacam konser dan ada kumpulan beberapa artis, ini yang susah. Penonton bayaran nggak bakal berfungsi disini.

Berikut ini, tribunstyle.com mau memberikan kamu perbandingan antara penonton konser di Indonesia, Korea Selatan, dan di Barat.

1. Penonton Korea Selatan


Penonton konser atau acara musik di Korea Selatan itu unik dan punya style sendiri. Mereka kalau nonton konser, biasanya punya lightstick.
Setiap boyband dan girlband Korea pasti bakal merilis dan menjual lightstick, ini merupakan barang yang bisa dibilang wajib untuk para penonton. Mengayun-ayunkan lightstick ini bikin bagian tempat duduk penonton jadi kerlap-kerlip dan terlihat indah.
Mungkin karena nggak teriak-teriak, tapi ayunan lightstick itu merupakan salah satu cara mereka menunjukkan kalau mereka enjoy menonton artis tersebut.
Tapi nggak cuma itu, kebanyakan penonton Korea itu malu kalau mereka kesorot kamera. Biasanya mereka langsung nutupin muka.
Selain itu, penonton ini juga rata-rata selalu hafal fanchant (nyanyian yang dilakukan oleh para penggemar). Biasanya cuma artis Korea saja yang punya.
Jadi para penggemar ini bakal nyanyi di sela-sela bagian intro atau saat artisnya lagi diam. So, jangan heran kalau nonton artis Korea lagi ngedance di acara musik terus ada yang teriak-teriak, itu namanya fanchant.
Penonton Korea ini nggak level pakai handphone buat merekam, ada sih tapi bisa dibilang jarang banget. Mereka bakal lebih milih megang lightstick dan enjoy the concert daripada repot merekam pakai handphone.
Jadi kalau kamu nonton konser artis Korea, simpan aja handphone kamu karena udah ada bagian dokumentasinya kok.

2. Penonton Barat


Penonton bule memang nggak seheboh penonton Korea. Tapi mereka ini ekspresif banget. Pasti kalian pernah nonton dong bule-bule ini sampai nangis-nangis lihat artis favorit mereka nyanyi.
Mereka suka nggak segan untuk teriak-teriak histeris atau nyanyi bareng kalau memang artis tersebut keren. Meski handphone tetap selalu digenggam, tapi mereka bakal tetap nyanyi dan selalu heboh. Bikin artisnya semangat tampil.

3. Penonton Indonesia


Berdasarkan penelusuran, penonton Indonesia itu lumayan pasif kalau nonton konser atau artis nyanyi. Kalau bukan penonton bayaran, biasanya mereka lebih milih diam sambil ngacungin smartphone buat merekam artisnya nyanyi.
Lain kali kalau nonton, simpan aja smartphone kamu, teriak-teriak deh biar artisnya semangat. Ini terjadi nggak cuma ke artis luar negeri, dalam negeri pun juga terkadang lebih sepi lagi.
Tapi tenang, para penonton tetap berteriak antusias untuk penampilan para artisnya, mereka nggak pelit suara kok. Namun, merekam penampilan si artis tetap yang utama.
Entah untuk dokumentasi atau gimana. Tetap salut untuk penonton Indonesia yang ekspresif kalau nonton konser. Asal jangan sampai saking ekspresifnya sampai tawuran ya.

Ingat ya, kalau nonton konser, jangan sibuk sama smartphone, ikut nyanyi bareng artisnya biar mereka merasa dihargai. Apalagi kalau artisnya dari luar negeri, kalau didiamkan aja kan kasihan, udah jauh-jauh datang tapi dia heboh sendiri di panggung.

Rekam sebentar, foto secukupnya, and then enjoy the show.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar