Senin, 13 Maret 2017

Ini 5 Fakta Oreo yang Menarik untuk Diketahui



Sejak diperkenalkan tahun 1912, Oreo begitu mendunia. Dibalik rasanya yang manis renyah, ada fakta menarik untuk diketahui penggemar biskuit hitam bundar ini.

Di ulang tahunnya yang ke 105, Oreo menjadi biskuit terlaku di dunia. Perjalanan panjang produksi Oreo oleh National Biscuit Company (Nabisco) menyisakan banyak fakta menarik seperti yang dirangkum Fox News (6/3) berikut.

1. Ada dua biskuit 'saudara' Oreo

Oreo pertama kali dipasarkan sebagai bagian dari 3 produk baru Nabisco. Ketiganya adalah Oreo Biscuits, Mother Goose Biscuits dan Veronese Biscuits yang diluncurkan pada 2 April 1912. The Mother Goose Biscuit dideskripsikan sebagai biskuit high class, sementara Veronese adalah biskuit manis berdesain cantik dan berkualitas tinggi. Dari ketiganya, hanya Oreo yang populer. Kedua biskuit 'saudara' Oreo dihentikan produksinya selang beberapa tahun muncul.

2. Rasa kedua Oreo adalah lemon

Menurut Oxford Companion to Sugar and Sweets, Nabisco meluncurkan rasa kedua Oreo tahun 1920. Produk ini berupa Oreo dengan krim lemon dan wafer cokelat. Namun produksinya dihentikan tahun 1924. Nabisco baru kembali memperkenalkan varian baru Oreo setelah beberapa dekade kemudian. Tetapi tahun 2012 sempat ada produk edisi terbatas berupa Lemon Twist Oreos.

3. Oreo dianggap membuat kecanduan seperti kokain

Tahun 2013 peneliti Connecticut College menemukan Oreo sama adiktifnya seperti kokain. Mereka mempelajari hal ini dari tikus-tikus di laboratorium yang diberi makan Oreo. Hasil penelitian menunjukkan Oreo lebih menstimulasi pusat kesenangan di otak tikus seperti halnya kokain atau morfin. Seorang mahasiswa bahkan mengamati tikus akan 'memecahkan' Oreo lalu memakan bagian tengahnya yang manis terlebih dahulu.

4. Hydrox lebih dulu diproduksi

Oreo kerap disamakan dengan biskuit Hydrox. Bahkan ada yang mengatakan Hydrox meniru Oreo. Faktanya Hydrox diproduksi lebih dulu dibanding Oreo. Biskuit keluaran Sunshine Biscuits ini diluncurkan tahun 1908 atau 4 tahun sebelum Nabisco meluncurkan Oreo. Dalam perjalanannya, Nabisco mempromosikan dan mendistribusikan Oreo lebih baik sehingga Oreo lebih terkenal hingga kini.

Hydrox sendiri sebenarnya masih diproduksi hingga tahun 2003, sebelum produksinya dihentikan oleh pemilik Kellog. Barulah di tahun 2015, Hydrox diperkenalkan kembali oleh Leaf Brands yang mengakuisisinya.

5. Produksi Oreo ukuran besar dihentikan

Tahun 1984 Nabisco meluncurkan Oreo Big Stuf yang diameternya mencapai 7,6 cm. Biskuit ini dipasarkan sebagai snack untuk teman mengisi perjalanan. Sayangnya produksi Big Stuf dihentikan tahun 1991.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar