Selasa, 14 Maret 2017

Ingin Makan Sesuatu Menunjukkan Tubuh Kurang Nutrisi

Pernahkah Anda merasakan tiba-tiba sangat ingin memakan sesuatu. Banyak yang menyebut keinginan mendadak untuk memakan sesuatu dengan sebutan, mengidam.

Namun dilansir Life Hack, keinginan makan sesuatu secara tiba-tiba jelas berbeda dengan kondisi kelaparan. Kelaparan merupakan mekanisme bertahan hidup, otak mengirim sinyal ke perut untuk memberitahu Anda perut perlu di masukkan makanan untuk energi.

Sementara mengidam, menurut penelitian, ini merupakan keinginan kuat akan bahan makananan tertentu. Hal ini juga menunjukkan tubuh kekurangan beberapa nutris penting, makanya otak mengirim sinyal untuk menginginkan makanan mengandung jenis nutrisi itu.
Berikut di antaranya :

Cokelat

Jika Anda ngidam cokelat, artinya Anda kekurangan magnetism atau mengalami hari melelahkan.
Cokelat memiliki kandungan magnetism yang tinggi. Saat Anda menginginkannya berarti Anda kekurangan magnetism. Nutrisi ini baik untuk rambut dan kulit. Kekurangan magnet bisa menyebabkan pusaing, otot lemah dan tekanan darah rendah.
Cokelah juga memicu pelepasan serotonin. Ini seperti anti-depresan alami dalam bentuk makanan penutup.

Makanan gurih

Jika Anda ngidam makanan asin, artinya Anda mengalami dehidrasi atau kurang kalsium.
Tentu ada kala Anda memiliki keinginan besar mengonsumsi semangkuk besar kentang goreng. Keinginan untuk makan makanan asin ternyata memberi sinyal tubuh mengalami dehidrasi atau kondisi lebih parahnya kurang kalsium.
Memakan makanan asin, memberikan ilusi pada tubuh mengenai "kepuasan" akan kalsium. Setelah ilusi hilang maka keinginan untuk makanan asin akan kembali. Lebih buruknya lagi makanan asin menyerap air lebih banyak di tubuh, yang justru membuat semakin dehidrasi.
Dari pada makan makanan asin, konsumsi makanan berkalsium tinggi lebih baik. Konsumsilah daun berwarna gelap, susu rendah lemak atau yogurt.

Makanan manis

Jika Anda ngidam gula, maka Anda mengalami fluktuasi gula darah.
Apabila Anda tiba-tiba ingin makanan manis artinya tubuh mengalami kekurangan Chromium. Ini merupakan mineral yang bekerja sama dengan insulin mengatur kadar gula darah.
Untuk menghentikan keinginan tersebut jangan malah mengkonsumsi permen atau cokelat sebab akan semakin memperburuk. Konsumsi makanan yang rendak indeks glikemiknya. Tapi buat camilan Anda bisa mengonsumsi buah.

Steak

Jika Anda ngidam daging merah, artinya Anda kekurangan zat besi.
Ini cukup mengejutkan sebab ternyata jika Anda menginginkan makan daging merah yang umumnya mengandung banyak zat besi, artinya Anda kekurangan zat tersebut. Hal tersebut biasa menimpa perempuan saat datang bulan atau hamil.
Untuk yang satu ini, Anda bisa langsung mengonsumsi daging merah atau sayuran berdaun seperti kankung dan bayam. Ini bagus untuk asupan zat besi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar