Selasa, 14 Maret 2017

5 Fakta Menarik Seputar Menyusui Anak Kembar


Apakah produksi ASI seorang ibu cukup untuk lebih dari satu bayi? Sulitkah menyusui dengan kedua payudara? Berikut lima fakta menarik seputar menyusui anak kembar :

1.  Apakah saya akan memproduksi cukup ASI untuk lebih dari satu anak?

Ya, Anda dapat memberikan ASI yang cukup. Karena sistem produksi ASI bekerja berdasarkan hukum supply and demand, bahkan jika Anda memiliki tiga bayi untuk diberikan ASI, tubuh Anda akan meningkatkan produksi ASI secara alami untuk memenuhi kebutuhan anak-anak Anda dalam satu waktu. Namun, kalori dan cairan dalam tubuh Anda akan lebih terkuras dibanding ibu menyusui lainnya. Oleh karena itu, Anda akan perlu mengonsumsi lebih banyak makanan dan makanan ringan yang sehat untuk mengembalikan setiap kalori yang terbuang.

2. Mungkinkah menyusui dua bayi di waktu bersamaan?

Justru akan lebih mudah bila Anda menyusui kedua anak Anda di saat yang sama. Para ahli menganjurkan ‘simultaneous feedings’, karena jika Anda menyusui bayi Anda satu persatu, saat Anda selesai menyusui satu bayi, masih ada antrian bayi lainnya. Jika Anda memiliki bayi kembar, Anda dapat menyusui mereka secara bersamaan dengan menggendong keduanya dalam posisi menggendong di kiri-kanan, atau menggendong mereka dalam ayunan bayi dengan badan yang saling berhadapan. Alternatifnya, Anda juga bisa menggendong satu bayi dalam ayunan, dan satu lagi dalam lengan.

3. Cobalah menggilir payudara dengan setiap bayi

Dengan memberikan kesempatan pada kedua bayi untuk menggunakan kedua payudara bergantian, Anda akan melengkapi perbedaan dari permintaan kedua bayi Anda. Contohnya, jika seorang bayi meminum lebih banyak dibandingkan bayi lainnya, mengganti payudara akan membantu menyamakan persediaan ASI yang rata di kedua payudara.

4. Berikan susu formula bila dibutuhkan

Jika Anda memiliki kembar tiga atau lebih, susu formula mungkin dibutuhkan untuk menyusui bayi. Anda dapat menyusui kedua bayi Anda dengan ASI dan menyusui bayi lainnya dengan susu formula di waktu yang sama; lakukan secara bergantian sehingga setiap bayi akan mendapatkan asupan ASI yang cukup.

5. Pertolongan tambahan sangatlah penting

Anda akan merasa sangat lelah setelah beberapa minggu menyusui lebih dari satu bayi, dan mengurus bayi akan menambah kelelahan. Anda mungkin ingin memompa ASI sehingga pasangan Anda dapat menyusui bayi Anda saat malam. Anda juga dapat meminta tolong kepada teman atau keluarga untuk membantu dengan pekerjaan rumah tangga, makanan, dan perawatan bayi, atau Anda dapat memperkerjakan suster, pembantu rumah tangga, atau tenaga kerja lainnya yang tersedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar