Kamis, 13 April 2017

12 Cara Tak Terduga Atasi Masalah Remeh yang Menjengkelkan

Kadang-kadang, masalah remeh menjadi sangat menjengkelkan karena tak kunjung menemukan solusinya. Padahal, jika dipikir dengan tenang, masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah.

Memang perlu kesabaran untuk mencari jalan keluar. Tak hanya itu, kita juga harus mengasah akal dan juga pengalaman.

Berikut ini ada trik cerdik, sebagaimana dikutip Dream dari BrightSide.me untuk mengatasi berbagai masalah menjengkelkan.

1. Permen Karet dan Es Batu
Paling menjengkelkan jika celana jins ternoda oleh permen karet yang lengket dan sulit dibersihkan. Tapi jangan khawatir. Masalah ini sebenarnya bisa dengan mudah dilepaskan. Cukup dengan mengambil es batu, tekan di atas permen karet itu sampai mengeras. Setelah itu permen karet yang lengket akan mudah dilepas dari celana jins.

2. Karat dan Minuman Soda
Menghilangkan karat tanpa perlu berkeringat. Cukup dengan merendam benda yang berkarat ke dalam gelas atau wadah yang sudah terisi minuman soda selama 24 jam.

3. Pelumas dan Label
Paling menjengkelkan saat ingin melepas label pada wadah atau botol, maka akan meninggalkan bekas yang sulit sekali dihilangkan.

Namun dengan bantuan WD-40, pelumas yang biasanya digunakan untuk melumasi rantai atau pintu, semua masalah label lengket bisa teratasi dengan mudah.

Caranya, semprotkan WD-40 secara merata pada label yang membandel, setelah itu gosok dengan spons untuk cuci piring. Jangan lupa cuci bersih permukaan yang disemprot WD-40 itu hingga bersih setelahnya.

4. Cuka dan Kepala Shower
Jika air berhenti mengalir dari kepala shower, itu biasanya karena lubang-lubangnya tersumbat kotoran kapur yang terkandung dalam air. Untuk membersihkannya, celup kepala shower ke dalam wadah berisi cuka 9% selama 2 jam.

5. Jepit Rambut dan Baju Rajut
Sebuah jepit rambut bisa digunakan untuk memperbaiki benang yang lepas pada baju hangat sweater. Masukkan benang melalui jepit rambut, dan tarik ke sisi yang berlawanan.

6. Pelumas dan Noda Marker
Kegunaan lain dari WD-40 adalah menghilangkan noda marker dan pensil pada furnitur berbahan kulit. Caranya, semprotkan WD-40 pada noda, dan gosok dengan kain. Setelah itu tinggal membersihkan dengan air. Semua noda marker dan pensil akan hilang tanpa bekas.

7. Gelang Karet dan Sekrup yang Aus
Membuka sekrup yang sudah aus tentu sangat susah, dan kadang juga berbahaya karena obeng yang terpeleset bisa mengenai kita. Untungnya, sekrup yang aus bisa dibuka dengan bantuan gelang karet. Caranya, letakkan gelang karet di atas sekrup yang aus, dan putar perlahan-lahan menggunakan obeng untuk membukanya.

8. Gantungan Kunci dan Ritsleting Longgar
Pernah mengalami ritsleting celana longgar? Tidak bisa menutup dengan rapat seperti saat celana baru dibeli? Jangan buru-buru buang celana.
Gunakan gantungan kunci untuk menahan ritsleting agar tidak selalu turun. Caranya, kaitkan gantungan kunci pada ritsleting dan cantolkan pada kancing celana.

9. Selang Kabel Bakar dan Kabel yang Terkelupas
Daripada menggunakan selotip atau lakban untuk menutup kabel yang terkelupas atau telanjang, gunakan selang kabel bakar yang banyak dijual di toko elektronik atau komputer.
Caranya mudah. Potong dan pasang selang kabel bakar pada kabel yang terkelupas atau telanjang. Setelah itu panaskan dengan korek api atau pengering rambut agar selang bisa menutup rapat.

10. Garam + Cuka dan Noda pada Barang Stainless Steel
Stainless steel, sayangnya, tidak 100% stainless. Namun, menyingkirkan noda hitam di atas permukaan stainless steel cukup mudah. Pertama, tuangkan garam kasar pada permukaan yang terkena noda, kemudian tambahkan cuka 9%. Gosok dengan spons piring, dan barang stainless steel akan bersinar seperti baru lagi.

11. Botol Plastik dan Adaptor Lampu yang Tersangkut
Membebaskan adaptor lampu yang tersangkut pada soketnya bisa menggunakan botol plastik yang ujungnya dibakar. Panaskan leher botol sedikit, dan masukkan ke dalam adaptor lampu yang tersangkut. Ketika plastik mengeras lagi, proses melepaskan adaptor lampu yang tersangkut akan menjadi mudah.

12. Penyerut Pensil dan Kabel yang Rusak
Untuk memperbaik kabel (misalkan kabel headphone), kita harus membuang bagian kabel yang rusak. Jika tidak memiliki alatnya, kita bisa membuatnya sendiri menggunakan penyerut pensil dan jepit jemuran dari kayu.
Caranya, lepas bagian tajam pada penyerut pensil, dan pasang pada jepit jemuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar