Senin, 23 Januari 2017

Jenis - jenis Pengawas yang Bikin Ujian Berasa Tambah Susah

Ujiannya berasa jadi dobel sama ujian mental.

Yang namanya ujian, pasti perlu persiapan. Persiapan fisik biar sehat, persiapan materi biar bisa jawab soal, persiapan alat tulis, persiapan mental, dan seterusnya. Apalagi buat anak SMA yang lagi mau UN atau SBMPTN, harus ngerjain materi pelajaran selama 3 tahun sekolah yang dipadetin jadi sekitar 50 soal.

Nah, persiapan lain yang nggak kalah penting adalah persiapan menghadapi pengawas. Kenapa? Karena pengawas itu ada macam-macam jenisnya dan ada beberapa yang berpotensi bikin ujian kamu jadi tambah susah. Di bawah ini ada sebagian contoh pengawas yang bisa bikin ujian kamu deg - degan.

1. Pengawas yang nggak bisa diam

Dikit-dikit keliling kelas, terus dia berdiri di samping kamu sambil melotot ke lembar soal dan jawaban seolah ada yang aneh gitu. Emang sih dia harus mastiin kalau kamu sudah ngerjain ujian sesuai prosedur, tapi kalau dipelototin juga kan bakal bikin kamu jadi nggak bisa fokus ngerjain soal ya kan?

2. Pengawas yang duduk di bangku peserta yang kosong

Biasanya terjadi ketika ada peserta ujian yang nggak masuk. Jenis pengawas ini nggak jauh beda dari pengawas yang di atas, bedanya jenis pengawas ini bukan cuma nggak bisa diam, dia juga duduk di bangku peserta yang kosong lantaran peserta ujiannya nggak masuk. Paling apes kalau bangku yang kosong itu lokasinya ada di belakang atau samping kamu. Itu sama aja dengan uji nyali bukan?

3. Pengawas yang matanya siwer

Sepanjang ujian, peserta ujian sekelas bakal mikir, "dia ngeliatin siapa ya?", "kok aku diliatin terus?", dan akhirnya pengawas jenis ini jadi pengawas teladan karena semua peserta ujian nggak berani celingak-celinguk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar